Assalamualaikum, wr.wb
Dimulai pukul 08.00 WIB bertempat di Masjid Mujahidin Surabaya hari Sabtu, 23 Maret 2024 diadakan Dauroh Ramadhan Guru dan Karyawan Yayasan Masjid
Mujahidin Surabaya tidak terkecuali dengan unit SMA Mujahidin Surabaya. Acara ini mendatangkan dua narasumber handal yakni dr.M.Ferri Komarhadi,SpOG. dan Ustadz Bangun Samudera.


Narasumber dr.M.Ferri Komarhadi,SpOG. mengatakan bahwa selama kita berpuasa maka tubuh akan mengalami proses autofagi dan ketosis. Autofagi adalah proses sel
memakan dirinya membentuk sel baru. Sedangkan ketosis adalah proses tubuh kehabisan karbohidrat untuk dibakar menjadi energi. Selain itu manfaat puasa yakni meningkatkan metabolisme, meningkatkan regenerasi sel, mengaktifkan detoksifikasi, mencegah kanker, mengendalikan nafsu makan, menjaga kesehatan jantung, mengurangi peradangan, membantu menurunkan berat badan, dan masih banyak manfaat lain.

Menurut Ustadz Bangun Samudera pahala puasa tidak tertandingi dibandingkan dengan amalan lainnya dan setiap amalan yang kita lakukan di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan Allah SWT. Amalan yang sebaiknya kita lakukan saat Ramadhan adalah menjalankan shalat malam, menyantap sahur sebelum berpuasa, memberi makan orang yang berbuka puasa, menyegerakan berbuka puasa, mengakhirkan sahur dan i’tikaf di masjid.

Acara ini tidak hanya tidak mendengar kajian dari narasumber, tetapi Guru dan Karyawan juga diberi kesempatan mengaji atau tadarus Al-Quran secara bersama-sama. Secara bersamaan, tim pengajar AlQuran menilai bacaan Bapak/Ibu Guru dan Karyawan dan mengelompokkan kedalam 3 klasifikasi yakni lancar membaca, agak lancar dan tidak bisa membaca.

Menginjak pukul 14.00 WIB acara diakhiri dengan pembagian bingkisan mukena untuk Guru/Karyawan perempuan dan bingkisan sajadah untuk Guru/Karyawan laki-laki. Dauroh Ramadhan ini
sebagai ajang silaturahmi antar unit agar saling mengenal satu sama lain dan mengisi kegiatan bulan Ramadhan dengan penuh keberkahan.
Wassalamualaikum wr.wb